Mengunjungi Sungei Buloh Wetland Reserve








Liburan tahun baru saya kali ini dihabiskan di Singapura. Iya, negara tetangga yang luasnya mirip-mirip Jakarta. Sebenarnya saya nggak punya rencana untuk ngabisin liburan tahun baru di Singapura, sebab waktu itu mikir kalau duit tabungan lebih baik disimpen aja buat modal kawin eh modal kalau udah lulus nanti deng hehe.

Sekitar bulan Oktober di tahun 2017 saya dapat info dari jetstar (cheap airline favorit saya) kalau ada promo tiket pp Jakarta-Singapura hanya dengan bayar airport tax, alias 0 rupiah, mirip-mirip free seat AirAsia lah. Langsung lah saya beli tanpa pakai otak hahahahaha. Setelahnya saya bingung nanti di Singapura mau ngapain aja, secara tempatnya kan gitu-gitu aja. Tapi ternyata saya salah, selain city tour dan menikmati city lights di Singapura, saya juga bisa sedikit mlipir ke countryside yang lebih sepi dan menikmati wisata alam.

Untungnya lagi, Singapura punya website info-info tourist attraction yang lengkap, dari mulai wisata belanja, sejarah, hingga wisata alam. Bisa dicek di sini visitsingapore.com, dan bahkan ada panduan bahasa indonesianya juga. Setelah liat-liat beberapa rekomendasi, pilihan saya jatuh pada Sungei Buloh Wetland Reserve karena tempatnya di pinggir laut hehe.




Untuk pergi ke sana emang agak memakan waktu sih, dengan total yah satu jaman lah. Berkat moda transportasi yang tourist-friendly saya bisa sampai dan survive selama di Singapore (untuk cek rute bisa pakai gothere.sg loh!). Kalau kalian mau ke sana, kalian bisa naik MRT sampai ke Kranji MRT Station. Dari sana kalian tinggal naik bis nomor 925 dan turun di depan halte Sungei Buloh Wetland Reserve. Nanti kalian bakal lewatin kawasan industri gitu karena emang letaknya yang di dekat kawasan perindustrian. Tapi walaupun begitu tetap bagus kok udaranya.



Ekspetasi saya pas ke sana itu bakal liat banyak buaya dan burung. Tapi apadaya buayanya pada ngumpet semua (mungkin karena saya datang kepagian) dan burungnya lagi nggak pada migrasi. Tapi setidaknya cuaca cerah dan saya menikmati cekrek sana-sini. Dan baru sadar ternyata saya banyak foto juga hahahhaa. Oh iya, dari tempat ini kalian bisa liat view gedung-gedung tinggi di Johor Baru, maklum lah ini kan perbatasan. Disarankan pergi ke tempat ini pas lagi cerah-cerahnya, jangan lupa pakai sunblock, sungguh Singapura panas bo.



Sungei Buloh Wetland Reserve memang tidak menawarkan gemerlap Ibukota secara masuknya aja gratis. Tapi serius, kalian bakal takjub ngeliat kawasan konservasi yang kecil tapi tertata rapih macam ini. Kapan-kapan kalau saya menginap di Johor Baru atau stay lagi di Singapura, saya bakal mampir ke sini untuk sekedar jogging ataupun sepedaan. Buat kalian yang mau pergi ke Singapura, saya rasa gak ada salahnya coba mengunjungi tempat ini! Semoga ketemu buaya dan burung-burung camar yah!





A

Comments

Popular Posts